RENCANA STRATEGIS
DINAS PARIWISATA
TAHUN 2017 - 2021
VISI
Terwujudnya Kabupaten Karangasem sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan berlandaskan "Tri Hita Karana"
MISI
1
2
3
TUJUAN
1.1
Meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata yang berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan berlandaskan Tri Hita Karana
Rata - rata lama tinggal wisatawan mancanegara
Rata - rata lama tinggal wisatawan nusantara
Jumlah destinasi pariwisata yang ditingkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung pariwisatanya
jumlah kerjasama yang terbangun dalam pengelolaan obyek wisata
Jumlah obyek wisata yang terfasilitasi pengembangannya sebagai saya tarik wisata alternatif
Jumlah usaha pariwisata yang terfasilitasi peningkatan standar mutu produk usahanya
Jumlah regulasi kepariwisataan yang tersusun
Jumlah destinasi pariwisata yang diawasi dalam pemungutan retribusinya
Jumlah pelaku usaha pariwisata yang terbina dalam menerapkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata
Jumlah tatap muka stakeholder dalam tata kelola destinasi pariwisata
2.1
Mengembangkan kapasitas kepariwisataan untuk mewujudkan kualitas pariwisata yang berbasis budaya dan kearifan lokal
Jumlah desa wisata yang dikembangkan sebagai daya tarik wisata spiritual yang berbasis desa adat
Rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara
Rata-rata pengeluaran wisatawan Nusantara
Jumlah jenis data usaha pariwisata dan produk ekonomi kreatif sebagai informasi pembangunan kepariwisataan
Jumlah workshop pegelolaan destinasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan berlandaskan Tri Hita Karana
Jumlah daya tarik wisata berbasis desa yang mendapat pembinaan
Jumlah produk ekonomi kreatif yang dikembangkan berbasis pariwisata
Jumlah kelompok masyarakat yang sadar wisata dan menjalankan Sapta Pesona dalam pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan berlandaskan Tri Hita Karana
Jumlah peningkatan kualitas produk ekonomi kreatif berbasis daya tarik wisata
Jumlah rancangan peraturan perundang-undangan tentang kepariwisataan yang tersusun
Jumlah tatap muka stakeholder dalam tata kelola destinasi pariwisata
Jumlah destinasi pariwisata yang diawasi dalam pemungutan retribusinya
Jumlah generasi muda karangasem yang diberdayakan sebagai duta pariwisata karangasem
3.1
Memaksimalkan produktivitas kinerja pemasaran pariwisata dengan menggunakan strategi pemasaran terpadu secara efektif, dan bertanggung jawab serta yang intensif, inovatif dan interaktif
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara
Jumlah kunjungan wisawatan nusantara/ domestik
Jumlah promosi pariwisata dalam dan luar daerah, serta luar negeri
Jumlah jenis kajian analisa pasar pariwisata
Jumlah media promosi pariwisata yang dikembangkan
Jumlah jenis kemasan event pariwisata yang dikembangkan
Jumlah generasi muda karangasem yang dikembangkan sebagai duta pariwisata karangasem
SASARAN
INDIKATOR SASARAN
NO
INDIKATOR SASARAN
SATUAN
IKU
TARGET INDIKATOR SASARAN
NO
SASARAN
INDIKATOR KINERJA
SATUAN
TH 2017
TH 2018
TH 2019
TH 2020
TH 2021
1
Terwujudnya peningkatan kualitas destinasi pariwisata
Rata - rata lama tinggal wisatawan mancanegara
Hari
3 4 5 6 7 Rata - rata lama tinggal wisatawan nusantara
Hari
1 2 3 4 5
Jumlah destinasi pariwisata yang ditingkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung pariwisatanya
lokasi
3 3 3 3 3
jumlah kerjasama yang terbangun dalam pengelolaan obyek wisata
lokasi
1 2 2 2 2
Jumlah obyek wisata yang terfasilitasi pengembangannya sebagai saya tarik wisata alternatif
obyek
3 4 5 6 7
Jumlah usaha pariwisata yang terfasilitasi peningkatan standar mutu produk usahanya
usaha
0 25 25 25 25
Jumlah regulasi kepariwisataan yang tersusun
dokumen
0 1 1 1 1
Jumlah destinasi pariwisata yang diawasi dalam pemungutan retribusinya
obyek
0 7 7 7 7
Jumlah pelaku usaha pariwisata yang terbina dalam menerapkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata
Orang
0 50 65 80 100
Jumlah tatap muka stakeholder dalam tata kelola destinasi pariwisata
kali pertemuan
0 12 12 12 12
2
Terwujudnya pengembangan industri pariwisata yang mampu menggerakkan dan meningkatkan perekonomian daerah
Jumlah desa wisata yang dikembangkan sebagai daya tarik wisata spiritual yang berbasis desa adat
persentase
3 3 3 3 3 Rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara
US Dollar
17 18 19 20 21
Rata-rata pengeluaran wisatawan Nusantara
Rupiah
70 75 80 85 90
Jumlah jenis data usaha pariwisata dan produk ekonomi kreatif sebagai informasi pembangunan kepariwisataan
Jenis
10 12 14 16 18
Jumlah workshop pegelolaan destinasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan berlandaskan Tri Hita Karana
kali pertemuan
1 - - - -
Jumlah daya tarik wisata berbasis desa yang mendapat pembinaan
Daya Tarik Wisata
3 - - - -
Jumlah produk ekonomi kreatif yang dikembangkan berbasis pariwisata
produk
0 1 2 3 4
Jumlah kelompok masyarakat yang sadar wisata dan menjalankan Sapta Pesona dalam pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan berlandaskan Tri Hita Karana
Kelompok
3 5 5 5 5
Jumlah peningkatan kualitas produk ekonomi kreatif berbasis daya tarik wisata
persentase
0 0 1 2 3
Jumlah rancangan peraturan perundang-undangan tentang kepariwisataan yang tersusun
dokumen
1 0 0 0 0
Jumlah tatap muka stakeholder dalam tata kelola destinasi pariwisata
kali pertemuan
12 0 0 0 0
Jumlah destinasi pariwisata yang diawasi dalam pemungutan retribusinya
lokasi
7 0 0 0 0
Jumlah generasi muda karangasem yang diberdayakan sebagai duta pariwisata karangasem
Orang
0 16 16 16 16
3
Terwujudnya pemasaran pariwisata secara efektif, efesien dan bertanggung jawab
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara
Orang
345 360 375 390 405 Jumlah kunjungan wisawatan nusantara/ domestik
Orang
165 175 185 195 220
Jumlah promosi pariwisata dalam dan luar daerah, serta luar negeri
kali
5 5 5 5 5
Jumlah jenis kajian analisa pasar pariwisata
Jenis Kajian
4 4 4 4 4
Jumlah media promosi pariwisata yang dikembangkan
Jenis media
2 2 2 2 2
Jumlah jenis kemasan event pariwisata yang dikembangkan
Jenis event
2 3 4 5 6
Jumlah generasi muda karangasem yang dikembangkan sebagai duta pariwisata karangasem
Orang
16 0 0 0 0