RENCANA STRATEGIS
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
TAHUN 2017 - 2021
VISI
“Terwujudnya Transparansi Komunikasi dan Informatika Menuju Masyarakat Karangasem Cerdas, Bersih, Bermartabat, Berlandaskan Tri Hita Karana”
MISI
1
2
3
4
5
TUJUAN
1.1
1. Terwujudnya kemitraan informasi dan jaringan yang terintegrasi di setiap OPD serta sistem layanan informasi berbasis web
Persentase pengembangan subdomain website Pemerintah Daerah yang informatif dan edukatif di setiap OPD
Persentase kelompok informasi masyarakat (KIM) yang dijadikan mitra komunikasi dan informasi pemerintah daerah
Persentase Organisasi Perangkat Daerah dan fasilitas umum yang terkoneksi wifi secara memadai
Jumlah kunjungan pemberian layanan internet secara edukatif ke kecamatan
2.1
Terwujudnya integrasi data dan sistem informasi yang optimal pada pemerintah daerah yang mengarah pada pembangunan satu data untuk kabupaten karangasem
Persentase terpenuhinya fasilitasi layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (LPSE)
3.1
Terwujudnya Kualitas Pelaksanaan Kinerja Berbasis Aparatur dan Masyarakat Yang Handal Dalam TIK
Jumlah SDM yang terdidik dan terlatih IT
4.1
Terwujudnya Keterbukaan Informasi dan Kualitas Pelayanan Informasi Publik Serta Publikasi Data Statistik
Persentase layanan pengaduan on line dari masyarakat kepada pemerintah yang ditindaklanjuti dengan akuntabel dan tepat waktu
Jumlah penyebaran majalah informasi bidang komunikasi dan informatika sebagai media informatif, komunikatif, dan edukatif
Persentase terpenuhinya Standar Pelayanan Minimum (SPM) Bidang Komunikasi dan Informatika kepada masyarakat
5.1
Terwujudnya Pengelolaan Persandian dan Pelayanan Telekomunikasi Yang Merata dan Berkualitas
Persentase pendirian menara telekomunikasi yang patuh regulasi
Persentase persandian pemerintah daerah yang tertangani dengan benar dan tepat waktu
Persentase terpenuhinya sarana komunikasi pemerintah daerah melalui repeater
SASARAN
INDIKATOR SASARAN
NO
INDIKATOR SASARAN
SATUAN
IKU
TARGET INDIKATOR SASARAN
NO
SASARAN
INDIKATOR KINERJA
SATUAN
TH 2017
TH 2018
TH 2019
TH 2020
TH 2021
1
Meningkatnya fungsi TIK sebagai media pengembangan komunikasi dan pemanfaatan informasi yang edukatif dan akuntabel
Persentase pengembangan subdomain website Pemerintah Daerah yang informatif dan edukatif di setiap OPD
%
40 45 70 100 100 Persentase kelompok informasi masyarakat (KIM) yang dijadikan mitra komunikasi dan informasi pemerintah daerah
%
100 100 100 100 100
Persentase Organisasi Perangkat Daerah dan fasilitas umum yang terkoneksi wifi secara memadai
%
70 80 90 100 100
Jumlah kunjungan pemberian layanan internet secara edukatif ke kecamatan
kunjungan
30 30 30 30 30
2
Meningkatnya Pemanfaatan TIK Yang Berdampak Pada Efisiesi dan Transparansi Pelaksanaan Program Pemerintah Daerah
Persentase terpenuhinya fasilitasi layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (LPSE)
%
100 100 100 100 100
3
Meningkatnya Mutu Kinerja dan Pelayanan Berbasis TIK
Jumlah SDM yang terdidik dan terlatih IT
orang
40 40 40 40 40
4
Meningkatnya kualitas pengelolaan persandian daerah dan layanan telekomunikasi secara merata dan memadai yang menjangkau seluruh wilayah
Persentase pendirian menara telekomunikasi yang patuh regulasi
%
100 100 100 100 100 Persentase persandian pemerintah daerah yang tertangani dengan benar dan tepat waktu
%
100 100 100 100 100
Persentase terpenuhinya sarana komunikasi pemerintah daerah melalui repeater
%
100 100 100 100 100
5
Meningkatkan Jumlah Penyebaran dan Layanan Informasi Publik dan Publikasi Data Statistik Secara Efektif, Berdaya Guna dan Berhasil Guna
Persentase layanan pengaduan on line dari masyarakat kepada pemerintah yang ditindaklanjuti dengan akuntabel dan tepat waktu
%
100 100 100 100 100 Jumlah penyebaran majalah informasi bidang komunikasi dan informatika sebagai media informatif, komunikatif, dan edukatif
eksemplar
250 250 250 250 250
Persentase terpenuhinya Standar Pelayanan Minimum (SPM) Bidang Komunikasi dan Informatika kepada masyarakat
%
100 100 100 100 100